Indonesia Tercatat Deteksi Mobile Malware Paling Banyak di Asia Tenggara

Indonesia Tercatat Deteksi Mobile Malware Paling Banyak di Asia Tenggara
Ilustrasi malware atau program jahat pada sebuah ponsel. [Shutterstock]
Statistik terakhir menunjukkan bahwa dari Januari hingga September 2019, Kaspersky telah memblokir sebanyak 632.451 upaya serangan seluler di Indonesia. Jumlah ini sekaligus menjadikan Indonesia dengan jumlah ancaman Android yang paling banyak terdeteksi di Asia Tenggara.
Perusahaan keamanan siber global Kaspersky juga menemukan bahwa sebanyak 29,07 persen pengguna Android Indonesia telah diamankan dari malware mobile selama periode yang sama.
Kaspersky juga menemukan 106 paket instalasi untuk Trojan mobile banking di Indonesia dari sembilan bulan pertama tahun ini. Ini menempatkan Indonesia di antara tiga negara teratas dengan jumlah Trojan perbankan terblokir yang termasuk Thailand (329) dan Malaysia (215).
Jumlah paket instalasi untuk Trojan ransomware seluler yang diblokir oleh Kaspersky, Indonesia memiliki jumlah tertinggi (161 paket) dan ini meningkat secara signifikan dibandingkan dengan hanya sebanyak 96 tahun lalu.
"Diketahui bahwa sebanyak setengah (53%) dari populasi di Indonesia adalah pengguna internet mobile. Bahkan jumlah pengguna internet di negara kepulauan ini setara dengan 6,5 persen pengguna internet di Asia,"
Ini menjadikan negara Indonesia, dia menambahkan, sebagai target yang menarik dan menggiurkan bagi para pelaku peretasan yang menargetkan pengguna seluler.
Ilustrasi serangan virus Trojan. [Shutterstock]
Ilustrasi serangan virus Trojan. [Shutterstock]
"Sekarang merupakan tantangan bagi semua pihak di negeri ini, baik negeri maupun swasta, untuk bekerja meningkatkan status kebersihan digital (digital gygiene) negara --- sebagaimana kami mengamankan aset digital seperti halnya melindungi properti fisik kami," kata Yeo Siang Tiong , General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky melalui keterangan resminya.
Dirinya pun mengingatkan bahwa semua pengguna harus mengerahkan upaya dalam melindungi ponsel cerdas mereka.
"Dengan tren BYOD yang diterapkan di negara ini, kami juga mendorong bisnis untuk memperhatikan bagaimana karyawan melindungi perangkat mereka, terutama yang digunakan untuk tujuan perusahaan,” tambah Yeo.
Share:

Recent Posts